Arif's Blog

Sabtu, 28 April 2012

Planet Kepler-22 "Planet Huni Baru"

0 komentar
Para astronom menemukan planet biru pertama kalinya yang bisa dihuni manusia. Planet tersebut mengorbit bintang mirip dengan Matahari


 Misi Kepler NASA telah menemukan dunia baru pada tingkat yang luar biasa selama tahun lalu, tapi ini adalah penemuan pertama dari apa yang disebut sebagai super bumi. Planet ini sangat mungkin untuk ditinggali  manusia menjadi besar. Planet berbatu dengan suhu permukaan sekitar 72 derajat Fahrenheit, mirip dengan musim semi di Bumi. Planet ini dinamai Planet Kepler-22.
Planet seperti Bumi ini mengorbit secara teratur  secara berkala pada bintang kecil sebagai pusat “tata surya” mereka. Bintang kecil tersebut terlihat berkerlap-kerlip yang hanya dapat diukur dengan sebuah teleskop ruang angkasa khusus seperti Kepler.
Planet ini mengorbit bintang G5 dengan periode orbit 290 hari, pada jarak sekitar 15 persen lebih dekat ke bintangnya dibandingkan dengan jarakBumi dari Matahari. Hal ini mengakibatkan suhu planet cocok bagi kehidupan.
Jarak antara planet Kepler-22b dengan bumi sekitar 15% kurang dari jarak antara bumi ke matahari. Cahaya matahari di planet tersebut 25% lebih sedikit daripada cahaya matahari ke bumi.
Ia mengorbit di tengah-tengah zona gugus bintang, dimana air mencair di permukaan planet tersebut.
Planet baru ini adalah planet terkecil yang ditemukan di zona gugus bintang. Ukurannya 2,4 kali lebih besar dari Bumi, dan para astronom mengklasifikasikannya ke dalam kelas exoplanet yang dikenal sebagai super-Bumi.



“Penemuan ini mendukung keyakinan yang berkembang selama ini bahwa kita hidup di alam semesta yang penuh sesak dengan kehidupan,” kata pakar NASA. “Kepler di ambang menentukan penemuan planet mirip bumi di galaksi kita ‘.
Namun demikian, masih dibutuhkan banyak penelitian untuk Kepler-22b. belum diketahui apakah planet tersebut berbentuk padat atau gas, dan unsur lainnya agar dapat dihuni seperti bumi.

0 komentar:

Posting Komentar


 

Follow me!!